Kelas Ibu Hamil

A.           Kelas Ibu Hamil
1.    Pengertian

Kelas Ibu Hamil adalah kelompok belajar ibu-ibu hamil dengan umur kehamilan antara 4 minggu sampai dengan 36 minggu (menjelang persalinan) dengan jumlah peserta maksimal 10 orang. Di kelas ibu-ibu hamil akan belajar bersama, diskusi dan tukar pengalaman tentang kesehatan Ibu dan Anak (KIA) secara menyeluruh dan sistematis serta dapat dilaksanakan secara terjadwal dan berkesinambungan. (Kemenkes, 2011).

2.    Tujuan
a.    Tujuan Umum

Meningkatkan pengetahuan, merubah sikap dan perilaku agar memahami tentang kehamilan, perubahan tubuh dan keluhan selama kehamilan, perawatan kehamilan, persalinan, perwatan nifas, KB pascapersalinan, perawatan bayi baru lahir, mitos/kepercayaan/adat istiadat setempat, penyakit menular dan akte kelahiran.(Kemenkes, 2011).

b.   Tujuan Khusus

1)        Tejadinya interaksi dan berbagai pengalama antar peserta (ibu hamil dengan ibu hamil) dan antara ibu hamil dengan petugas kesehatan/bidan.

2)        Meningkatkan pemahaman, sikap dan perilaku ibu hamil tentang:

a)        Kehamilan, perubahan tubuh dan keluhan (apakah kehamilan tubuh, perubahan tubuh selama kehamilan, kluhan umum saat hamil dan mengatasinya, apa saja yang perlu dilakukan ibu hamil dan pengaturan gizi termasuk pemberian tablet penambah darah untuk penanggulangan anemia).

b)        Perawatan kehamilan (kesiapan psikologis menghadapi kehamilan, hubungan suami isteri selama kehamilan, obat yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil, tanda bahaya kehamilan, dan P4K (perencanaan persalinan dan pencegahan komplikasi).

c)        Persalinan (tanda-tanda persalinan, tanda bahaya persalinan dan proses persalinan).

d)       Perawatan nifas (apa saja yang dilakukan ibu nifas agar dapat menyusui ekslusif, bagaimana menjaga kesehatan ibu nifas, tanda-tanda bahaya dan penyakit ibu nifas).

e)        KB pascapersalinan

f)         Tanda bahaya bari baru lahir, pengamatan perkembangan bayi/anak dan pemberian imuniasasi pada bayi baru lahir).

g)        Mitos.kepercataan/adat istiadat setempat yang berkaitan dengan kesehatan ibu dan anak.

h)        Penyakit menular seksual (IMS, informasi dasar HIV-AIDS, pencegahan dan penanganan malaria pada ibu hamil

i)          Akte kelahiran. (Kemenkes, 2011)

 

3.    Sasaran Kelas Ibu Hamil

Peserta kelas ibu hamil:

Peserta kelas ibu hamil sebaiknya ibu hamil pada umur kehamilan  4 sampai dengan 36 minggu karena pada umur kehamilan ini kondisi ibu sudah kuat, tidak takut terjadi keguguran, efektif untuk melakukan senam hamil. (Kemenkes, 2011)

Jumlah peserta kelas ibu hamil maksimal sebanyak 10 orang setiap kelas. Suami/keluarga ikut serta minimal 1 kali pertemuan sehingga dapat mengikuti berbagai materi yang penting, misalnya materi tentang persiapan persalinan atau materi lainnya. (Kemenkes, 2011)

Sumber:

Kementerian Kesehatan RI. 2011. Pedoman Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil. Kementerian Kesehatan RI. Jakarta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s