Patofisiologi Prolaps Tali Pusat

Patofisiologi Prolaps Tali Pusat

Kompresi umbilicus bila terjadi maka terjadi pengurangan perfusi kapiler-kapiler villi. Kalau aliran darah dalam pembuluh darah umbilicus sama sekali terhenti, maka tekanan oksigen dalam darah ibu dalam ruangan intervilli. Cadangan oksigen fetus akan cepat habis. Kompresi parsial tali pusat dapat menyebabkan percampuran darah jenuh oksigen dalam vena umbilicalis dan darah yang kurang jenuh oksigen dari perifer fetus jadi tidak sempurna dan inimenyebabkan oksigenasi fetus berkurang. Prolaps umbilicus, umbilicus yang melingkar kepala atau bagian lain atau tertekan pada dinding pelvis dapat mengurangi atau menghentikan aliran darah dalam umbilikus. Menurut Hysberg dan Westin (1957), pembuluh-pembuluh darah umbilikus sangat peka terhadap manipulasi-manipulasi, terhadap suhu dingin dan tekanan oksigen yang tinggi. Keadaan-keadaan ini dapat menyebabkan vasokonstriksi dan pengurangan aliaran darah itu. (www.scribd.com)

Tekanan pada tali pusat oleh bagian terendah janin dan jalan lahir akan mengurangi atau menghilangkan sirkulasi plasenta. Bila tidak dikoreksi, komplikasi ini dapat mengakibatkan kematian janin .

Obstruksi yang lengkap dari tali pusat menyebabkan dengan segera berkurangnya detak jantung janin (deselerasi variabel). Bila obstruksinya hilang dengan cepat, detak jantung janin akan kembali normal. Akan tetapi, bila obstruksinya menetap jadilah deselerasi yang dilanjutkan dengan hipoksia langsung terhadap miokard sehingga mengakibatkan deselerasi yang lama. Bila di biarkan akan mengakibatkan kematian janin.

Seandainya obstruksinya sebagian, akan menyebabkan akselerasi detak jantung. Penutupan vena umbilikalis mendahului penutupan arteri yang menghasilkan hipovolemi janin dan mengakibatkan akselerasi jantung janin. Gangguan aliran darah yang lama melalui tali pusat menghasilkan asidosis respiratoir dan metabolik yang berat, berkurangnya oksigenisasi janin, bradikardia yang menetap, dan akhirnya kematian janin. Prolaps tali pusat tidak mempengaruh langsung pada kehamilan atau jalannya persalinan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s