Penatalaksanaan Prolaps Tali Pusat

Penatalaksanaaan Prolaps Tali Pusat

Tindakan ini dilakukan jika prolaps tali pusat.

  1. Tempatkan seluruh tangan ke dalam vagina wanita dan pegang bagian presentasi janin ke atas sehingga tidak menyentuh tali pusat di pintu atas panggul.
  2. Jangan mencoba mengubah letak tali pusat pada kondisi apapun karena manipulasi dapat menyebabkan spasme tali pusat dan secara tidak sengaja dapat menyebabkan kompresi tali pusat.
  3. Berikan informasi kepada ibu tentang hal yang sedang terjadi dan minta kerjasamanya.
  4. Panggil bantuan. Beritahu wanita apa yang harus dilakukan, jika perlu meminta tolong untuk mendapatkan bantuan.
  5. Minta bantuan orang untuk mengatur posisi wanita sehingga gravitasi membatnu menjauhkan bayi dari pintu atas panggul dan tidak menekan tali pusat; posisi lutut dada atau trendelenburg.
  6. Jika tali pusat keluar dari vagina, minta orang lain membungkusnya secara longgar dengan kasa yang telah direndam dengan salin normal hangat.(Varneys, 2008). Sedangkan menurut Walsh, jika tali pusat menjulur ke luar vagina maka dapat dilindungi dengan cara merendamnya dengan menggunakan cairan salin hangat.
  7. Jangan mempalpasi atau bergantung pada denyut tali pusat sebagai indikator kesejahteraan janin atau janin hidup.
  8. Ultrasound dapat digunakan untuk mendeteksi gerakan jantung janin jika denyut jantung janin tidak terdengar.
  9. Pada kondisi apapun jangan lepaskan tangan dari vagina ibu atau dari bagian presentasi janin sampai bayi dilahirkan (kemungkinan dengan seksio sesarea).

Metode alternatif dapat digunakan untuk presentasi yang belum enganged. Metode ini memasang kateter foley, mengisi kandung kemih dengan 500 cc air steril atau salin normal, engan mengklem kateter sementara tangan pemeriksa di dalam memindahkan vagina sehingga jauh dari tali pusat. Kandung kemih yang penuh kemudian menggeser letak bagian presentasi dan mengurangi kompresi tali pusat. Teknik ini juga dapat digunakan apabila bagian presentasi telah mengalami engagement pada wanita multipara. Namun pentig bahwa anda menggeser bagian presentasi menjauhi pelvis dengan tangan pemeriksa seelum mengisi kandung kemih. Tekanan pada bagian presentasi harus didistrubusikans ecara menyeluruh selama perasat ini. Setelah kandung kemih terisi, pemeriksa harus kembali melalui vagina ibu untuk menenukan bagian terbawah janin benar-benar berubah posisi. Jika bradikardi terjadi kembali, masukan kembali tangan anda kedalam vagina untuk memastikan bahwa kepala janin tidak menekan tali pusat.

Manajemen Kebidanan pada Prolapsus Tali Pusat Menumbang

  1. Bidan tetap dengan pasien, dan tetap tenang, mendukung ibu dan pasangannya, menjelaskan masalah dan meminta kerjasama
  2. Catat waktu pecahnya ketuban dan prolaps tali pusat
  3. Tali pusat tidak boleh disentuh karena mengakibatkan spasme. Jika tali pusat menumbung ke vagina, dengan gentle dan hati-hati ke dalam vagina, menggunakan teknik aspetik dan menggunakan swab yang hangat.
  4. Dengan menggunakan sarung tangan steril, dengan lembut masukan jari ke dalam vagina dan bagian presentasi didorong keluar dari panggul dan jauh dari tali pusat.
  5. Lakukan pemantauan keadaan janin
  6. Memposisikan ibu ke dalam posisi sims atau posisi trendelenburg
  7. Berikan oksigen 40% menggunakan masker
  8. Infus dengan menggunakan cairan elektrolit 20 tetes/menit
  9. Melakukan rujukan ke rumah sakit dengan tetap melakukan pemantauan keadaan janin selama diperjalanan.
  10. Sangat penting bagi bidan untuk memberikan informasi secara lengkap mengenai tindakan dan menjelaskan tentang hal yang mungkin terjadi saat ibu melahirkan dan saat bayi dilahirkan. ( Seller, 1993).

Sumber:

Varney, Helen. 2008.Buku Ajar Asuhan Kebidanan. EGC. Jakarta

Sellers, Paulin McCall. 1993. Midwifery.South Afrika: Juta&Co, Ltd

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s